Rabu, 07 September 2016

Tips Fitness untuk pemula

Tips Pemula Fitness

Hasil gambar untuk GYM pemula
Jika kamu pemula fitness dan kamu tidak tahu harus latihan otot yang mana dahulu 
serta bingung tentang hal apapun mengenai dunia fitness, berikut tips buat kamu :


1. Latih setiap otot kamu
    Latihlah otot kamu dari berbagai sudut , kenali setiap fungsi alat serta pertimbangkan setiap bagian tubuh atau otot kamu sebelum dilatih.Misalnya seperti kaki, tangan, lengan, dan posisi tubuh lainya. Supaya dalam jangka waktu kedepan tubuh kamu bisa seimbang, dikarenakan kebanyakan atau beberapa orang hanya memiliki bagian tubuh yang kekar pada daerah atas tubuh mereka saja tetapi mereka lupa untuk melatih otot kaki sehingga badan terlihat besar dengan kaki yang kecil.

2. Atur Jadwal Latihan 
    Ini sangat penting bagi seorang pemula fitness. Jadwal latihan bagi seorang pemula maksimal adalah 3 x 1 minggu. Dengan waktu latihan minimal 60 menit - 90 menit dan maksimal 120 menit.

3. Jumlah setiap REPETISI 
    Apa itu Repetisi ? 
 Adalah pengulangan gerakan yang sama yang diulang-ulang dalam satu waktu tertentu. Selesai 10 reps sama dengan 1 set. Jumlah repetisi standar dalam fitness antara 8-12 reps dalam 1 set. Jika kurang dari 8 reps berarti beban terlalu berat dan sebaliknya apabila lebih dari 12 brarti beban terlalu ringan.Seiap selesai per set atau setiap 8 reps lakukanlah rest selama 30-60 detik.

4. Menjaga Makan 
    Kamu harus menjaga pola makan dengan mulai memilih makanan yang mengandung banyak protein untuk tubuh. Seperti, ikan, telur, kentang dll.Jauhi makanan yang mengandung banyak gula, lemak dan coba untuk makan yang lebih sehat serta lebih banyak air putih.Konsumsi protein 1gram untuk setiap pound, 1 pound = 0,45grm. Jangan makan terlalu banyak makanlah sedikit sedikit tetapi sering. 4-5 kali sehari jangan sampai kelaparan, usahakan makan setiap 3 atau 4 jam sekali.

5. Rutinitas
    Kesehatan dan kebugaran merupakan kebutuhan penting, tidak hanya dilakukan sesekali setelah badan merasa sehat, melainkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh harus dilakukan secara rutin sesuai jadwal yang telah dibuat. 

Jangan lakukan kegiatan fitness setiap hari, karena tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.
Berikut anjuran atau saran jadwal fitness :

Senin   :   Latihan seluruh tubuh
Selasa  :   Istrirahat
Rabu    :   Latihan seluruh tubuh
Kamis  :   Istirahat
Jumat   :   Latihan seluruh tubuh
Sabtu    :  Istirahat
Minggu :  Istirahat

Bukan latihan yang sering mampu membuat otot maksimal, melainkan latihan sedikit tetapi rutin.
    
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar